Kenapa Kuota Internet Sangat Boros Ketika Digunakan Untuk Menoton Video Dari Youtube? - Pojok Gadget | Berita & Info Gadget Terikini

Post Top Ad

Kenapa Kuota Internet Sangat Boros Ketika Digunakan Untuk Menoton Video Dari Youtube?

Share This


Kuota internet saya kok cepat habis? Padahal baru isi lho?

Kurang lebih seperti itulah pertanyaan yang sering muncul ketika muncul pesan dari operator yang memberitahukan bahwa kuota internet Sobat Pojok Gadget sudah habis. Setelah dicek ternyata penggunaan data internet paling besar adalah dari youtube.

Perlu Sobat Pojok Gadget ketahui sebelumnya, streaming (memutar/menonton langsung) dari youtube sebenarnya sama saja dengan mendownload sebuah file dari internet, hal ini disebabkan karena platform yang Sobat Pojok Gadget  gunakan untuk menonton video dari youtube mengunduh data terlebih dahulu dari server youtube untuk kemudian ditampilkan dan bisa ditonton oleh Sobat Pojok Gadget.


Untuk kuota yang digunakan sendiri tergantung pada ukuran videonya atau file sizenya. Dan file size ini tergantung dari resolusi atau kualitas serta durasi pada video tersebut. Jadi, semakin kecil dan semakin pendek sebuah video, maka semakin sedikit pula kuota yang diperlukan untuk memutar sebuah video. Dengan kata lain, jika kuota internet Sobat Pojok Gadget cepat habis saat menonton video dari youtube, kemungkinan besar video yang ditonton tersebut berukuran besar, beresolusi tinggi, dan berdurasi panjang.


Sekedar saran agar kuota lebih hemat, putarlah video dalam resolusi yang diperkecil. Biasanya pada setelan video youtube tersedia pilihan kualitas video (144p, 240p, 360p, 480p), pilihlah ukuran yang lebih kecil, kecuali kalau niatnya memang ingin mendownload video tersebut.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad